12 Tips Merawat Batik, kamu wajib tau!!!

Senin, 14 Oktober 2019


jual sarung batik jogja terlengkap





Batik memang sedang tren. Namun, dapat jadi belum tidak sedikit orang yang mengetahui teknik merawat pakaian batik supaya warnanya tetap awet. Berikut ini sebanyak cara pilihan merawat batik kesayangan. 

1. Saat mencucinya, pakai sabun pencuci khusus guna kain batik yang tidak sedikit dijual di pasaran. 2. Atau, cuci kain batik dengan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan shampo di air hingga tak terdapat bagian yang mengental. Lalu, celupkan kain batik. 
3. Mencuci batik juga dapat dengan memakai buah lerak atau daun tumbuhan dilem yang telah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai menerbitkan busa, kemudian tambahkan air secukupnya, dan siap untuk membasuh batik. Aroma buah lerak dapat mencegah munculnya fauna kecil yang dapat merusak kain.
 4. Saat membasuh batik, tidak boleh pakai deterjen dan tidak boleh digosok. Jika batik tak terlampau kotor, lumayan rendam di air hangat. Tapi andai benar-benar kotor, contohnya terkena noda makanan, dapat dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, lumayan dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di unsur yang kotor tadi. 
5. Sebaiknya, tidak boleh mencuci batik dengan mesin cuci. 
6. Saat bakal menjemurnya, batik yang basah tak butuh diperas. Dan tidak boleh menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di lokasi teduh atau diangin-anginkan sampai kering. 
7. Saat menjemurnya, tarik unsur tepi batik secara perlahan supaya serat yang terlipat pulang ke posisi semula. 
8. Jika telah dijemur, hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak paling kusut, semprotkan tidak banyak air di atas kain batik kemudian letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika. 
9. Bila Anda hendak memberi pewangi atau pelembut kain pada batik tulis, tidak boleh semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, kemudian semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran. 
10. Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik, khususnya batik sutera dengan pewarna alami. 
11. Simpan batik favorit Anda dalam plastik supaya tak dimakan ngengat. Saat ditabung dalam lemari tidak boleh diberi kapur barus, sebab zat padat ini paling keras dan dapat merusak batik. 
12. Cara lain supaya batik tak dimakan ngengat, beri tidak banyak merica yang dibalut tisu di lemari lokasi menyimpan batik. Atau, letakkan akar wangi yang telah dua kali melalu proses pencelupan dalam air panas dan dijemur sampai kering.

bagi kamu yang ingin menembah koleksi batik terbaru lainya bisa di cek disini ya kak instagram  batikfriends.id

0 komentar:

Posting Komentar